Penyakit Kambing – Melindungi Kambing Dari Penyakit Umum

Seperti hewan ternak lainnya, kambing juga menderita berbagai penyakit terutama jika sesekali tidak diberikan vaksinasi. Penyakit kambing ini mungkin antara lain bakteri, virus, atau parasit. Karena sebagian besar penyakit ini

hampir tidak dapat ditentukan karena gejalanya yang sama, sebaiknya pemilik memeriksakannya sesekali untuk keuntungan kambing dan keselamatan peternakan Anda.

Ketosis (Acetonemia) adalah salah satu penyakit kambing yang paling umum karena kecenderungan hewan untuk pilih jenis ras domba makanan terkonsentrasi. Masalah lain yang dihadapi para peternak adalah saat kambing sangat terserang cacing. Penyakit kambing ini dikenal sebagai ‘kepala besar’. Anda bisa mengetahui saat kambing memiliki kepala

besar jika tiba-tiba kepalanya bengkak disertai pucatnya kulit. Ini tidak sama dengan kembung, masalah umum lainnya pada kambing. Dengan mengamati kambing Anda, Anda akan melihat bahwa ia sering buang air kecil, tampak cemas, dan berperilaku berbeda dari yang lain. Pada tahap ini kambing harus dibawa untuk konsultasi untuk menghindari komplikasi.

Penyakit kambing bisa dicegah dengan pemeriksaan rutin. Kunjungan sebulan sekali ke dokter hewan akan disarankan. Waspada terhadap kemungkinan masalah yang terjadi di dalam kawanan akan berkontribusi dalam mencegah hilangnya seekor kambing. Ada cara untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan salah satu kambing tersebut.

– Amati kawanan mana yang sering mengisolasi dirinya sendiri. Kambing secara alami ramah dan bersahabat, itulah sebabnya mereka dianggap sebagai hewan peliharaan saat ini dan pemisahan dari kawanan akan berarti pertanda masalah

– Perhatikan kelainan pada tinja dan kotorannya. Biasanya, seseorang yang menderita suatu penyakit akan mengalami ketidakteraturan pada kotoran atau urine. Di antara gejala penyakit kambing yang paling dikenal adalah diare (dengan darah), nanah dari telinga, mulut, vulva atau bagian tubuh kambing lainnya.

– Pembengkakan pada dagu juga merupakan tanda kambing anda sedang sakit

– Perhatikan cacat pada gerakan selain perilaku

Sementara itu, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kambing sendiri untuk memastikan bahwa kawanannya jual domba murah area klaten, yogyakarta berada dalam warna pink. Area utama yang harus Anda amankan adalah suhu rektal dengan setidaknya 39 derajat dan denyut nadi yang harus 80 atau kurang denyut per menit.

Penting bagi setiap peternak untuk mengetahui berbagai penyakit kambing yang mungkin menyerang satu anggota kawanan. Mempelajari gejala dan perawatan pertolongan pertama juga akan membantu meminimalkan risiko. Beri mereka perawatan kambing yang tepat dan Anda hanya perlu mengurangi kekhawatiran.

Leave a Comment