Kelebihan & Kekurangan Jaringan 4G LTE pada HP / Handphone

Makin lama populeritas jaringan 3G untuk jaringan jagoan untuk internetan makin tergeser oleh jaringan 4G atau LTE. Jaringan 4G LTE sangat mungkin data, suara, serta arus stream multimedia bisa sampai ke user dimana dan kapan saja dengan kecepatan akses yang semakin tinggi dari mulanya. Pokoknya ialah, jaringan 4G LTE sangat mungkin kamu dapat internetan di ponsel atau handphone bertambah cepat daripada 3G. Jaringan internet selular 4G mempunyai kecepatan optimal sampai 100 Mb/detik. Lewat jaringan 4G, pemakai Ponsel atau handphone sekarang ini dapat streaming video semakin lancar, video call tanpa ada interval, serta unduh data bertambah cepat. Meskipun 4G semakin lebih unggul daripada 3G, tetapi masih ada kelebihan serta kekurangannya. Sebelumnya, silahkan kita berteman dengan jaringan 4G.

Apakah itu Jaringan 4G ?
Arti 4G mengacu pada jaringan nirkabel selular generasi ke-4 penerus dari jaringan awalnya yakni 3G. 4G tetap dipertemukan dengan singkatan LTE, apakah itu LTE ? LTE ialah kepanjangan dari Long Termin Evolution. LTE ialah tehnologi pangkal standard untuk menyebut jaringan 4G. Jadi pada intinya 4G serta LTE ialah 2 hal sama, bila posisi signal di monitor Ponsel memberikan “LTE” itu berarti kamu sedang ada di jaringan 4G.

Karena ada jaringan 4G, kamu saat ini dapat nikmati streaming video atau musik yang bertambah cepat bebas interval dan bermain game dengan cara online. Dahulu kala sebelumnya ada 4G, bermain game dengan cara online di handphone pasti jadi hal yang tidak mungkin. Itu semua dikarenakan oleh kecepatan jaringan 3G atau 3.5G HSDPA yang benar-benar lamban hingga mempersulit proses penyelarasan data di tiap piranti. Dibandingkan 3G, jaringan 4G punyai kecepatan koneksi internet yang 5 – 10 kali bertambah cepat. Dengan cara teori, dengan 4G kamu dapat internetan dengan kecepatan internet sampai 100 Mbps. Benar-benar fenomenal kan?

Kelebihan Jaringan 4G LTE pada Ponsel atau Handphone menurut simpang jalan .
Karena jaringan 4G LTE, kamu dapat nikmati akses internetan sampai 10 kali semakin kencang dibandingkan 3G. Kecepatan internet untuk mengambil atau unduh dapat capai 100 Mbps untuk unduh serta 75 Mbps untuk unggah. Kecepatan sebesar ini sangat mungkin kamu dapat streaming semakin lancar, game online bebas interval, live streaming di sosial media, sampai melihat film HD di service streaming film terkenal seperti Netflix. Tidak dapat disangkal, kecepatan ialah kelebihan penting dari jaringan selular 4G LTE.

Jaringan selular 4G ialah koneksi data murni alias prosedur internet end-to-end. Karena 4G, piranti selular seperti ponsel atau handphone dapat sama-sama tersambung bertambah cepat. Jaringan sekencang ini mempunyai andil yang lumayan besar pada langkah orang kekinian melakukan komunikasi. Suport koneksi internet yang kencang membuat chatting atau video call berasa semakin lancar. Hingga lumrah bila sekarang ini service SMS banyak dibiarkan sebab karena 4G, sekarang chatting berasa semakin instant serta tentu saja tambah murah. Dibalik kelebihan yang fantastis itu, rupanya 4G punyai kekurangan. Apa sajakah?

Kekurangan Jaringan 4G LTE pada Ponsel atau Handphone
Tidak diduga rupanya dibalik kelebihan jaringan 4G LTE yang mengagumkan rupanya masih tersimpan banyak kekurangan. Dari sisi user atau pemakai jaringan 4G di handphone, kemungkinan kamu tidak mengetahui jika 4G masih ada kekurangan, apa sajakah?

Semakin boros paket. Apa kamu paham.kamu mengerti arti “buffering” waktu streaming video ? Buffering ialah proses download video yang sedang disaksikan. Karena jaringan 4G, buffering video bertambah cepat. Walaupun di satu bagian baik, tetapi di lain sisi tidak. Contohnya kamu ingin melihat video berdurasi 10 menit, mendadak pada menit pertama kamu berasa tidak tertarik dengan video itu serta langsung menutupnya. Walaupun kamu cuma melihat 1 menit tetapi sebab karena sangat cepatnya buffering 4G, waktu video yang di-download telah capai 10 menit. Ini tentu saja akan buang banyak paket atau pulsamu kan?

Belum mencapai semua wilayah Indonesia Aplikasi Simontok / Maxtube . Sebab untuk membuat jaringan 4G memerlukan ongkos yang cukup banyak, oleh karena itu operator di Indonesia tidak dapat dengan cara serempak membuat semua sarana yang diperlukan untuk sediakan jaringan 4G sampai ke pelosok. Tetapi permasalahan ini sedikit bisa mulai dipecahkan dengan ‘patungan.’ Untuk contoh Indosat serta XL, untuk memperlebar lingkup 4G, mereka sama-sama bekerja bersama untuk bikin menara BTS, RAN, dan lain-lain. Dengan langkah ini satu BTS dapat layani dua jaringan provider tidak sama serta ongkos modal dan operasional semasing perusahaan bertambah irit

Perlu piranti spesial. Ponsel atau handphone 3G tidak dapat terhubung jaringan 4G. Agar kamu dapat nikmati jaringan 4G, kamu harus punyai piranti yang telah memberikan dukungan 4G. Tetapi bila kamu tidak mau tukar handphone, dapat lho dengan beli modem yang telah dukungan 4G

Leave a Comment